Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Kegiatan MonEv Perangkat Desa Cidahu oleh Pemerintah Kecamatan Pasawahan

Kegiatan Monitoring & Evaluasi (Monev) dalam pelaksanaan APBDesa Tahun Anggaran 2023 di Desa Cidahu Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta dilaksanakan pada siang tadi, Rabu, 13 Desember 2023. Kegiatan monitoring dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kinerja penyelenggaraan pemerintahan desa pada aspek perencanaan dan pelaksanaan kegiatan desa, evaluasi serta pelaporan. Selain itu, monitoring dan evaluasi Tim Kecamatan kali ini lebih disasarkan sebagai pendampingan dan pembinaan terhadap pemerintah desa, agar berjalan sesuai dengan tupoksi yang ada. Hal ini sangat dibutuhkan oleh pemerintah desa sebagai bahan evaluasi menuju perbaikan-perbaikan kinerja selanjutnya. Pada kegiatan monev ini, Tim akan memeriksa satu persatu dokumen berbadan hukum seperti Perdes dan Perkades, administrasi pelaporan kegiatan dan hasil pengelolaan Tanah Kas Desa (TKD). Yang menjadi bahan evaluasi adalah administrasi pengarsipan aset desa. Baik berupa barang, bangunan, jalan desa ataupun hal lainnya termasuk tanah kas desa. Secara keseluruhan capaian kinerja Pemerintah Desa Samberan dinilai cukup baik dalam menjalankan kegiatan baik yang administratif dan pembangunan yang tercantum di dalam APBDesa 2023. Meskipun masih terdapat catatan-catatan yang perlu dibenahi. 

Desa Cidahu Pasawahan mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa.

Aparatur Pemerintah Desa dan pengurus lembaga Desa Cidahu telah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri sejak tanggal 15 s/d 18 November 2023 di hotel Grand Flower Bandung, Jl. Asia Afrika No.15-17, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Dengan tema Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa.  Sebanyak 13.498 perangkat desa dari 3,298 desa di 33 provinsi se-Indonesia dilatih secara serentak pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah dan Pengurus Kelembagaan Desa pada Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD). Adapun peserta kegiatan pelatihan terdiri dari kepala desa, perangkat desa (sekretaris desa/kepala urusan), ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Ketua Lembaga Kemasyarakatan Desa (PKK/Posyandu/Karang Taruna/Pengurus RT/RT).  Secara umum tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan kapasitas Aparatur Desa dan Kelembagaan Desa dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi. Secara khusus bertujuan untuk membangun karakter Aparatur Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa yang mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik, meningkatkan kapasitas Aparatur Desa dalam hal yang berkaitan dengan kebijakan Pemerintahan Desa, perencanaan Pembangunan Desa, Pengelolaan Keuangan Desa dan penyusunan Peraturan Desa serta peningkatan PADes melalui BUMDes.

SINI SINI.... ADA YANG BARU NIH!!! PENGASPALAN JALAN GANG OLEH PEMERINTAH DESA CIDAHU

Pengaspalan Gang di wilayah Desa Cidahu Kecamatan Pasawahan Kabupaten Purwakarta telah rampung dilaksanakan, pengaspalan jalan gang dilakukan di wilayah RT 08, RT 07 dan RT 01 Pada Hari Sabtu tanggal 21 Oktober 2023. Jalan gang yang berada di Desa Cidahu, sebelumnya tidak layak untuk digunakan sebagai alternatif transportasi, diaspal dengan memanfaatkan dana desa (DD) Tahun Anggaran 2023. Pengaspalan jalan gang ini cukup penting mengingat jalan ini merupakan akses transportasi warga sekitar. Pengaspalan jalan gang tersebut terang saja disambut gembira warga. dengan diaspalnya jalan gang ini, akses transportasi masyarakat desa semakin mudah dan dapat membawa kemajuan individu masyarakat, entah itu dalam hal perekonomian atau pertanian, karena jalan gang tersebut tidak hanya sebatas akses transportasi.  Vitalnya kebutuhan akses jalan gang ini kemudian ditindaklanjuti dengan pembangunan, memanfaatkan DD tahun 2023. Tujuannya yakni ketersediaan infrastruktur jalan terutama membuka jalan transportasi yang menjadi prioritas utama. Jalan gang tersebut diaspal kurang lebih sepanjang 600 meter, untuk pengaspalan jalan gang ini setidaknya membutuhkan anggaran sekitar Rp 150 juta dari alokasi DD 2023.

ADA APA TUCHH!!! TERNYATA ADA KEGIATAN POSBINDU PTM YANG MELIBATKAN PRAJA BERSAMA IBU-IBU PKK DI DESA CIDAHU

Cidahu, 14 September 2023 - Pagi tadi dilaksanakannya, kegiatan posbindu PTM. Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Mengapa Praja IPDN dilibatkan dalam kegiatan Posbindu PTM? Karena tugas dari seorang Praja atau Pamong adalah untuk melayani masyarakat. Dimana dalam kegiatan Bhakti Karya Praja ini, bertujuan untuk menambah pengetahuan dan jam terbang untuk Praja yang sehingga ketika Praja-Praja IPDN ini lulus dari Pendidikan, diharapkan Praja tersebut sudah mengatahui keaadan dilapangan.